Thought and Shares

Sabtu, 21 Mei 2011

Pemasaran Jasa

Pengertian dan Karakteristik Jasa Jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yg dapat ditawarkan satu pihak ke pihak yang lain. Pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksi jasa bias berkaitan atau tidak dengan produk fisik. Dalam sejarah perkembangan pemasaran, perkembangan pemasaran sector jasa pada mulanya belum mendapat perhatian tetapi seiring dengan perkembangan bisnis yang pesat, dewasa ini sector jasa menjadi salah satu pokok bidang pemasaran diperkirakan lebih dari 70% lapangan pekerjaan adalah dari sector jasa. Industri jasa berkembang diberbagai lembaga baik swasta maupun pemerintah. Jasa memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dengan karakteristik barang. Adapun karakteristik jasa adalah sbb : 1. Tak berwujud Produk jasa tidak bias dilihat, dirasa, diraba, didengar atau dicium sebelum jasa itu dibeli. Misalnya bila kita ingin merasakan jasa contohnya pemijat, maka kita tidak dapat merasakan sebelum kita membeli jasa pemijat. 2. Tak dapat dipisahkan Produk jasa dihasilkan dan dikonsumsi secara bersamaan tidak seerti barang fisik diproduksi, disimpan, disalurkan baru dikonsumsi. Jasa dengan penyedia jasa baik itu orang maupun mesin tidak dapat dipisahkan, misalnya jasa pemijat tidak dapat dipisahkan dari orang yang melakukan pemijat tersebut. Jasa pencucian mobil dengan mesin pencuci mobil otomatis tidak dapat dipisahkan dengan alat pencuci tersebut. 3. Variabilitas Produk jasa sangat bervariasi misalkan jasa jenis dokter berbeda-beda ada dokter umum ada dokter spesialis. Dokter spesialis terbagi lagi menjadi beberapa bidang, dari satu bidang spesialis saja misalnya ada yang berkualitas baik/berpengalaman dan ada pula yang kurang pengalaman. Seorang dokter yang reputasinya baik pun kualitasnya akan berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi, fisik, serta mentalnya pada saat memmeriksa pasiennya. 4. Tidak tahan Lama Jasa tidak dapat disimpan, dipajang dalam etalase seperti halnya produk-produk barang sebagai contoh misalnya seorang dokter akan tetap menagih biaya pada pasiennya bila ia tidak menepati waktu untuk pengobatan atau konsultasi yg telah disepakati bersama. Klarifikasi Jasa Unsure jasa dari dalam suatu organisasi atau perusahaan dapat merupakan unsur utama atau hanya merupakan bagian atau jasa pendukung. Berikut ini akan dikemukakan beberapa pengelompokan kegiatan atau usaha tersebut : 1) Usaha barang yang berwujud murni Perusahaan hanya menawarkan barang berwujud tanpa disertai jasa tambahan, misalnya penjualan barang-banrang konvenis seperti sabun, pasta gigi, gula, garam dan sejenisnya. 2) Barang berwujud yang disertai jasa Perusahaan disini menawarkan produk barang berwujud sebagai bisnis utamanya, dengan disertai jasa pendukung contoh penjualan kendaraan bermotor, alat elektronik rumah tangga, alat kesehatan, dan sejenisnya. Penjualan tersebut disertai jasa pendukung seperti delivery, service, atau perbaikan asuransi dsb. 3) Campuran Perusahaan disini menawarkan barang berwujud dan jasa dengan proporsi yang kurang lebih sama misalnya suatu usaha restoran yang disamping menyediakan makanan dan minuman yang beraneka ragam juga memberikan jasa pelayanan yang sebaik mungkin untuk memusakan pelanggannya. Jadi perusahaan membagi perhatian pada keduanya baik produk barangnya yang diharapkan mempunyai kualitas yang baik mungkin maupun jasa/pelayanannya yang dapat memuaskan konsumen. 4) Jasa utama disertai barang tambahan Jasa utama yang disertai dengan barang sebagai tambahan atau jasa lainnya sebagai tambahan, contohnya perusahaan Garuda yang menyediakan jasa transportasi udara kemudian menjual juga beberapa produk tambahan seperti makanan dan minuman, majalah penerbangan, kadang-kadang disertai juga dengan jasa tambahan seperti jasa penginapan, transportasi darat. Harga untuk produk barang dan jasa tambahan tersebut pada umumnya merupakan satu paket dengan harga pokok harga produk jasa utama tersebut. 5) Jasa murni Kegiatan usaha ini hanya bergerak dibidang satu usaha saja tanpa disertai produk tambahan, misalnya jasa konsultan, ahli jiwa, dan sejenisnya. Tetapi kadang-kadang jasa murni ini disertai, dimodifikasi dengan tambahan seperti jasa dokter yang juga memberikan obat pada pasiennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Delayed Gratification, Kontrol Diri Menunda Kesenangan

  Delayed Gratification adalah salah satu skill yang sangat penting dilatih pada anak sejak usia dini. Delayed Gratification adalah salah ...