Thought and Shares

Sabtu, 01 Agustus 2020

Kebun Atap

Smart people ingin memiliki kebun tapi tidak memiliki halaman di rumah?

Wah, sepertinya ini menjadi angan-angan banyak orang yang suka berkebun tapi kebingungan mau bercocok tanam dimana.

Artikel ini terinspirasi dari beberapa hari lalu, kami diberi hasil berkebun milik tetangga kami yang memang tidak memiliki halaman di depan rumahnya, tapi ternyata pasutri yang smart ini memanfaatkan bagian atas rumah mereka untuk berkebun, lho.


Nah, coba smart people manfaatkan area atap untuk dijadikan kebun sederhana. Rasanya metode berkebun seperti ini sangat sesuai bagi mereka yang tinggal di perumahan-perumahan dengan lahan yang terbatas.

Kira-kira seperti apa atap yang diperlukan untuk tempat menanam?

Untuk memiliki kebun atap haruslah pula direncanakan dengan matang, antara lain.

Satu. Smart people memerlukan lahan berlantai dak beton, bedengan untuk menanam, serta atap untuk mengontrol air yang terserap. Dan pastikan bahwa atap rumah smart people sudah sangat kuat ya, serta memiliki kapasitas untuk menahan berat kebun dengan cukup.

Dua. Selain itu juga smart people harus memastikan bahwa atap rumah sudah terlapisi semen untuk waterproofing. Mengapa ini penting? Sebab smart people nanti akan kesulitan jika kebun sudah jadi, tapi ternyata atap tidak dapat menahan bocor atau rembesan air. Karena itu alangkah baiknya jika smart people melakukan pengecekan dulu ya, atau setidaknya melakukan sedikit uji coba dengan menggenangi atap selama beberapa hari dan pastikan air tidak terjadi kebocoran yang bisa masuk ke rumah.

Tiga. Smart people juga bisa menggunakan tata urutan drainase dalam membuat kebun atap. Jadi, setelah dak beton, sebaiknya dilapisi dengan papan proteksi dan membrane tahan air serta insulasi. Setelah itu pasang drainage cell untuk aliran airnya. Drainage cell adalah material ringan yang terdiri dari poros-poros berongga yang berguna untuk mengalirkan air. Tutup dengan filter fabric dan barulah smart people dapat menaruh tanah untuk media tanamnya. Atau ada alternative lainnya tidak menggunakan tanah langsung, tapi menanam dengan menggunakan poly bag serta menyusunnya pad arak-rak kayu sederhana agar banyak tanaman yang bisa ditaruh di kebun atap.  

Lalu tanaman apa saja yang bisa ditanam pada kebun atap?

Umumnya yang ditanam pada kebun atap adalah jenis sayur-sayuran yang tidak memerlukan waktu lama untuk dipanen, seperti kangkung, sawi hijau, daun bawang merah, seledri, selada, kembang kol dan lain lain.

Untuk buah yang umum ditanam dengan lahan terbatas misalnya, strawberry, tomat cery, tomat buah, anggur, jeruk lemon dan sebagainya.

Semoga artikel ini menginspirasi smart people untuk tetap bisa beraktivitas dengan berkebun meski #DiRumahAja. 

Salam Smart!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Delayed Gratification, Kontrol Diri Menunda Kesenangan

  Delayed Gratification adalah salah satu skill yang sangat penting dilatih pada anak sejak usia dini. Delayed Gratification adalah salah ...