Thought and Shares

Sabtu, 18 Juli 2020

Bisnis Online atau Jualan Online ?



Hi smart people, masih tetap di rumah kah saat ini atau sudah kembali bekerja di luar rumah?
Atau saat ini smart people sedang buka usaha di rumah?

Memang pandemi Covid-19 telah merubah paradigm masyrakat Indonesia bahkan dunia dalam melakukan usaha. Belum diketahui nih kapan pandemi ini akan berakhir, sedangkan perekonomian masyarakat harus terus berjalan dikarenakan kebutuhan hidup tidak dapat berhenti.

Kenormalan baru rasanya tidak dapat terelakkan dari episode sejarah manusia. Siapa yang sangka makhluk hidup mikroskopik ini akan merubah semua bentuk pola kebiasaan manusia.

Umat diseluruh dunia harus melakukan tahap kedisiplinan ketat yang berkaitan dengan kesehatan mereka, mulai dari disiplin mencuci tangan dengan air mangalir, menggunakan masker ketika keluar dari rumah dan tak kalah pentingnya adalah menjaga jarak satu hingga dua meter dengan sesama.

Narasi di atas rasanya tidak berlebihan ya untuk memulai artikel kali ini, sebab dengan bentuk kenormalan baru membuat manusia bebondong-bondong beralih ke dunia digital untuk terus menghidupkan perekonomian.

Alih-alih banyak orang terkena dampak pandemic, ada yang dirumahkan hingga di PHK dari perusahaan tempat mereka kerja sebelumnya juga membuat sebagian besar dari mereka akhirnya memutuskan untuk mencoba peluang lain dengan berbisnis atau bejualan online.

Nah, bisnis online dan jualan online sudah menjadi istilah keseharian kita di tahun 2020 ini, lalu apa sebenarnya bisnis online itu dan samakah dengan jualan online?

Yuk, kita bahas satu per satu.


BISNIS ONLINE

Sering kali orang mengatakan atau menyamakan bisnis online itu ya jualan online, padahal ini adalah dua hal yang berbeda. Mungkin orang secara tidak sengaja menyamakan karena belum paham dengan arti sebenarnya dan memilih gampangnya saja deh, kalau jualan itu ya sama saja bisnis, begitu kan ya?

Bisnis online sejatinya merupakan platform system usaha yang memiliki tujuan untuk memperoleh profit dalam berbagai bentuk usaha dengan menggunakan jaringan internet.
Tentunya meskipun bisnis di dunia maya bisa diibaratkan sebagai perusahaan yang harus memiliki lisensi legal, ada produk atau jasa yang dihasilkan, memiliki struktur organisasi yang jelas dan menggunakan top level domain (TLD).  

Banyak orang saat ini memilih bentuk bisnis online karena banyak factor diantaranya adalah
  • Tidak perlu modal terlalu besar untuk memulai usaha
  • Tidak perlu memiliki bangunan fisik seperti gedung perkantoran atau sewa ruko dan memiliki gudang;
  • Jumlah karyawan yang dibutuhkan terbilang sedikit karena pekerjaan yang dilakukan  sangat efisien;
  •  Biaya yang dikeluarkan untuk stok barang juga rendah;
  • dan sebagainya.    
  
JUALAN ONLINE

Pada salah satu e-journal disebutkan bahwa jual beli online (jualan online) sebagai satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perushaan, konsumen, komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Dalam pengertian lain disebutkan bahwa jual beli online merupakan suatu kegiatan di mana penjual dan pembelinya tidak harus bertemu untuk melakukan negosiasi dan transksi serta komunikasi yang digunakan oleh penjual dan pembeli adalah melalui alat komunikasi dengan aplikasi seperti whatsapp, line, telegram, atau berbagai messenger lainnya.

Nah, jadi nih smart people kalau jualan online itu tidak perlu punya bisnisnya tidak masalah, contohnya berjualan di marketplace seperti di tokopedia, shopee, blibli, lazada, dan lain-lain.

Ibarat kata nih kalo punya bisnis itu sudah pasti ada jualannya baik itu jualan produk maupun jasa, tapi kalo jualan saja belum tentu punya bisnisnya. Seperti itu lah kurang lebihnya.

So, sekarang smart people bisa putusin nih, mau berbisnis atau mau jualan saja, it’s all yours 😉


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Delayed Gratification, Kontrol Diri Menunda Kesenangan

  Delayed Gratification adalah salah satu skill yang sangat penting dilatih pada anak sejak usia dini. Delayed Gratification adalah salah ...