Thought and Shares

Sabtu, 21 Mei 2011

Mega Marketing & Maxi Marketing

Konsep mega marketing muncul sebagai jawaban atas perkembangan situasi yg dihadapi. Konsep baru muncul karena konsep yg ada dirasakan kurang mampu dan kurang tepat untuk mengatasi dan menjawab tantangan yg timbul sebagai konsekuensi dari adanya perubahan. Sama sekali kita sadari bahwa situasi dunia saat ini khususnya dalam bidang bisnis berkembang begitu cepat dan tantangan-tantangan yg semakin meningkat merupakan situasi umum yg terjadi pada 2 dasawarsa dan berakhir menjelang abad 21. Bahkan seorang pakar ekonomi DR. Dorojatun Kuncorobakti menyatakan bahwa dalam situasi perubahan yg cepat berarti adanya situasi ketidakpastian, maka yg pasti terjadi adalah perubahan. Deregulasi dan debirokrasi yg dilakukan oleh pemerintah Indoneisa sejak beberapa tahun yg lalu merupakan tantangan situasi perekonomian yg berubah relative cepat. Bagi dunia usaha di Indonesia sendiri deregulasi & debirokrasi tsb jelas merupakan sutau perubahan yg memberikan dampak langsung. Adanya strategi yg mampu mengatasi perubahan tsb megamarketing dan maximarketing merupakan konsep2 yg muncul sebagai suatu realisai logis adanya perubahan situasi dibidang pemasaran. Kiranya perlu dikaji apakah konsep tsb merupakan konsep yg baru, yg mengemukakan suatu gagasan yg berubah secara mendasar atas konsep2 sebelumnya ataukah lebih merupakan penyempurnaan dari konsep yg telah dikenal sebelumnya. Selanjutnya adalah yg paling penting bagaimana penerapan agar bermanfaat penerapan yg dimaskud tentunya dikaitkan dengan situasi di Indonesia dewasa ini serta sejauh mana antisipasi terhadap perubahan menjelang abad 21. Megamarketing sebagai suatu konsep dikemukakan oleh Philip Kotler dari North Western University 14 Sept 1984. Selama ini para pemasar atau marketer biasanya hanya memperhatikan faktor3 ekonomis dan rasional dan mengabaikan untuk mempelajari masalah2 polotik dalam aktivitasnya karena secara logis seseorang yg mempelajari manajemen pemasaran tidak menganggap perlu mempelajarai ilmu politik padahal tidak sedikit keberhasilan/kegagalan pemasaran suatu periode sangat dipengaruhi oleh factor politik. Karena konsep pemasaran tradisionail terlalu terbatas pemanfaatannya. Dan terlihat sudah tidak dapat lagi diterapkan sebagai konsep yg tepat pada sebagian perusahaan dari berbagai industry. Dalam memasarkan suatu produk biasanya kita berangkat dari pemikiran bahwa pemasaran produk tsb akan berhasil bila kita dapat menawarkan produk yg bermutu baik, dengan harga jual yg tepat dan tempat menjual yg tepat serta ditunjang promosi yg baik strategi pemsaran adalah yg kita kenal 4P yaitu bauran pemasaran / marketing mix. Terdiri dari product, price, place, promotion. Secara rasional tentunya tdk ada alasan untuk tdk sependapat dengan 4P tsb yg memang dpt dikatakan memberikan hasil sebagaimana yg dapat diharapkan masalahnya tinggal bagaimana menerapkan bauran pemasaran dengan 4P tsb. Konsep megamarketing memperluas batasan-batasan mengenai siapa yg menjadi sasaran pemasaran, pejabat2 pemerintah, kelompok masyarakat, media massa, dll. Dimasukkan juga sbg sasaran pemasaran. Sejalan dgn perluasan sasaran pemasaran, maka strategi pemasarannyapun diperluas agar mencakup sasaran2 baru yg dimaksud. Strategi bauran pemasaran dengan 4P masih tetap dipakai maka megamarketing pun diperluas dgn sasaran pemasaranya. Perluasan bauran pemasaran tsb diperlukan untuk dpt menjangkau sasaran yg bertambah dgn cara menambah dengan 2P yaitu political power dan public opini formation karena megamarketing menerapkan 6P sebagai bauran pemasarannya strategi pemasarannya. Sasaran pemasarannya pun tidak terbatas hanya dlm negeri saja. MAXI MARKETING Munculnya konsep maxi marketing juga dengan latar belakang yg sama dengan konsep mega marketing yaitu tuntutan kebutuhan yg berkembang tetapi perkembangan tehnologi khususnya dengan dipakainya computer secara luas merupakan dasar utama dimungkinkannya maxi marketing ini dilaksanakan. Revolusi computer menyebabkan terjadinya perubahan besar pada produksi dan komunikasi yg memaksa adanya perubahan besar juga pada pemasaran. Banyak hal dalam pengelolaan suatu kegiatan/bisnis yg semula membutuhkan waktu tenaga yg banyak berdampak pada biaya yg besar. Sulit atau bahkan tdk mungkin untuk dilakukan justru dpt diatasi dgn luar biasa dgn computer. Penggunaan computer dlm pengendalian persediaan dpt dilakukan dgn tepat dan akurat serta dgn biaya yg begitu rendah. Penggunaan pangkalan system data base dgn computer untuk metode system menjadi begitu mudah dan murah dan masih banyak contoh yg lain. Computer telah membawa perubahan besar dlm bidang social politik ekonomi dan tentunya komunikasi yg sekaligus juga membawa perubahan besar terhadap situasi pasar, situasi penawaran, dan permintaan. Maxi marketing adalah demassivication dari pasar yg merupakan kebalikan dari mass marketing khususnya dlm penjualan produk. Dalam maxi marketing dilakukan upaya pencapaian tingkat efektifitas dan efisien dalam pemasaran khususnya dalam proses penjualan semaksimal mungkin dan tercermin dalam upaya menjangkau konsumen yg dilakukan dengan sangat intensif. Iklan diarahkan langsung pada konsumen seperti halnya dgn promosi. Pendekatan maxi marketing ini merupakan pendekatan yg dapat disebut sebagai suatu macam peluru untuk satu sasaran yg ditembak secara langsung untuk itu memaksimalkan segala upaya mtlak diperlukan. Maxi marketing dpt diterapkan dalam memasarkan barang dan jasa untuk pabrikan atau pengecer baik produk terjual di took, direct mail, atau dengan personal selling, tentunya harus diikuti dengan strategi bauran pemasaran yg terutama dalam promosi dan pengiklanannya. Tiga denominator yg dipakai dlam proses penjualan dalam maxi marketing : 1. Setiap pemasaran harus dapat mencapai kebutuhan yg diinginkan pembeli dengan memuaskan, baik sadar atau tidak sadar. 2. Bahwa setiap pemasaran anharus menghasilkan penjualan dengan merubah interest pembeli prospektif menjadi keinginan pembeli dan akhirnya menjadi pembeli 3. Bahwa hampir semua pemasaran akan memerlukan peningkatan hubungan yg telah ada dengan pembeli setelah pembelian yg pertama agar membeli lagi.

1 komentar:

  1. Gambling with a High RTP Casino - Mapyro
    Find your 영천 출장샵 nearest gambling 순천 출장안마 game and find out 화성 출장샵 where 보령 출장안마 to play. Make your next gambling adventure in the 밀양 출장샵 casino at Mapyro.

    BalasHapus

Delayed Gratification, Kontrol Diri Menunda Kesenangan

  Delayed Gratification adalah salah satu skill yang sangat penting dilatih pada anak sejak usia dini. Delayed Gratification adalah salah ...